The Heritage Palace, Bekas Pabrik Gula yang Instagrammable

Kalau ada pertanyaan yang sering aku dan Febri tanyain selain “lagi ngapain?” maka itu adalah “besok kita mau kemana lagi nih?”. Padahal mah belum lama ini kita kan abis ke Gunung Andong. Tapi emang gitu kali yaa? Main main itu bikin ketagihan. Capek, tapi nagih, yaa biarpun pas sampe rumah tetap sambat “anjir pegel pegel banget badanku cuuuk”. Dan diakhir bulan September kemarin, pertanyaan itupun muncul kembali dan kita akhirnya memutuskan Kota Solo sebagai jawabannya, sekalian icip icip makanan yang ada di sana. Akhirnyaaaa ke Solo juga setelah sekian lama cuman jadi wacana.

Sebenernya, kita sama-sama udah pernah ke Solo sih, tapi kalo pergi berduaan belum pernah. Dan biarpun Yogya-Solo ga jauh jauh amat, kita tetep ngelist tempat main dan tempat makan yang mau kita datengin, biar waktu libur yang cuma sehari dan tenaga kita untuk pergi kesana ga terbuang sia-sia. Salah satu tempat yang ada didaftar kita yang bakal aku bahas dipostingan ini adalah The Heritage Palace. Sejujurnya aku udah ngincer ini tempat soalnya tiap kali liat di Instagram @explore.solo kok kayak kece kece gimanaaa gitu tempatnya.

Processed with VSCO with a4 preset

Lokasi The Heritage Palace

The Heritage Palace terletak di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Jaraknya kurang lebih 10 KM dari pusat Kota Solo. Kalau kalian ngikutin arahan google maps Inshaallah ga akan kesasar, karena kita pun cuma berbekal google maps. If I could find it, you could too. Lokasinya emang gak di jalan raya banget sih, tapi tetep easy to find. Kalau kalian udah makin deket sama lokasinya, kalian akan liat ada bangunan tinggi diantara bangunan lainnya and that is it.

Halaman parkir The Heritage Palace ini lumayan luas. Pas aku sama Febri datang sih ga begitu rame sama kendaraan, mungkin karena weekday juga kali ya. Dan sejujurnya, pas sampai parkiran aku sempet agak skeptis sama tempatnya, soalnya dari luar kayak biasa aja. Etssss tapi kita gabole suudzon ya kaaaan, kita coba masuk dulu lah yaaaak, numpang cekrek cekrek, apalagi di halaman parkirnya ada baleho gede yang isinya info mengenai the best spot foto di dalam sana yang bisa kalian jadikan referensi. Oiya untuk tiket masuknya kita harus membayar 20ribu untuk yang outdoor, atau kalau mau terusan sampe indoor harganya 55ribu pada weekdays dan 65ribu pada weekend. Berhubung kita ga akan lama lama juga, jadi kita beli yang outdoor doang aja. Toh agak pricey juga menurutku kalau beli sama yang indoor.

The Heritage Palace? Apaan tuh?

Buat yang penasaran sebenernya The Heritage Palace itu apaan, nah, jadiiii, *browsing dulu* *padahal uda ada di judulnya* The Heritage Palace ini adalah bekas pabrik gula tinggalan jaman belanda, yang kemudian direnovasi dan kemudian dibuka kembali untuk umum sebagai tempat wisata. Oiya, tempat ini masih terhitung baru, belum ada 2 tahun. Pantesan aja, pas aku masuk masih ada semacam pekerja yang terlihat lagi bikin sesuatu, mungkin lagi ngerancang spot baru? *sok tau*.

Processed with VSCO with a4 preset

Seperti pabrik pada umumnya, bangunan bekas pabrik gula ini juga dikelilingi benteng yang cukup tinggi. That’s why dari luar kayak kurang menyakinkan gitu karena yang kita liat cuma bentengnya aja, tapi cukup menarik perhatian sih soalnya bangunan ini tanpa berbeda dari bangunan-bangunan baru yang ada disekitarnya. Tapiiiii, ketika kalian udah mulai melangkahkan kaki ke dalam melewati petugas pengecheck-an tiket, kalian akan mulai bisa liat keindahan bangunan didalamnya.

Di halamannya, kalian akan liat banyak mobil-mobil kuno yang terparkir rapi. Mungkin mirip mirip musium angkut gitu kali yaa? Aku kurang paham jenis jenis mobilnya apa aja, tapi salah satunya adalah mobil kuning yang matching ama kaos aku ini :3

Processed with VSCO with a4 preset

Processed with VSCO with a4 preset

Instagrammable Spot, Serasa Foto di Luar Negeri

Berhubung ini adalah bangunan tinggalan jaman belanda, jadi didalamnya emang kental banget sama nuansa Eropa, terutama gedung utamanya yang paling besar yang berada ditengah halaman. Berasa lagi diluar negeri gitu. Aku rasa ini adalah daya tarik yang paling besar dari tempat ini, soalnya spot didepan gedung utama ini pasti selalu ada yang pake untuk foto-foto. Jadiii kalau kalian kesini mungkin bisa agak tau diri dikit kalau foto-foto, jangan kelamaan dan berasa seluruh spot milik berdua.

Processed with VSCO with a4 preset

Tapi, gak cuma di depan gedung utama doang kok yang instagrammable, di samping gedung pun juga cantik untuk foto-foto sambil duduk di bangku tamannya. Kalau misalnya ngerasa belum puas foto-foto dari halaman, kalian bisa naik tangga menuju lantai 2 agar bisa lebih bebas menikmati pemandangan dihalamannya dan berfoto-foto dengan latar belakang gedung bertuliskan the Heritage Palace.

Processed with VSCO with a4 preset

Buat orang-orang yang doyan foto-foto, pulang dari sini bisa panen foto yang instagrammable buat dipost di feed sih, apalagi kalau juga beli tiket terusan untuk liat wahana indoornya dan foto-foto di 3D museumnya. Aku sih gabegitu banyak foto, soalnya akutu anaknya pemalu dan suka keabisan gaya kalau difoto.

Processed with VSCO with a6 preset

Processed with VSCO with a4 preset

Processed with VSCO with a4 preset

Oiya buat kalian yang mau main kesini, mereka buka pukul 09.00 – 18.00 WIB. Kebetulan pas itu aku datang sekitar jam 4 sore, jadi udah gabegitu panas dan lebih enak buat foto-fotonya.

Processed with VSCO with  preset

FYI, disana gadiperbolehkan bawa makan dan minum dari luar. Tapi kalian gaperlu khawatir kelaperan atau kehausan karna di dalam sana ada tempat makan yang cukup besar. Dan kalau misal kalian gatertarik sama makanan yang disana, ya tinggal cari makan diluar aja wkwkwk secara di Solo kan banyak makanan enak, kayak yang aku makan sama Febri. Penasaran sama apa yang kita makan di sana? Cus ke blognya Febri ya!

34 thoughts on “The Heritage Palace, Bekas Pabrik Gula yang Instagrammable

    • Hahaha emang seringnya gitu sih ya mas, orang asli sana mala pada belom main tapi org org dari luar kota malah uda main dluan. Mgkn karna bisa main kapan ajaa jadi nggak begitu tertarik untuk cepet cepet main kesana 😀

      Like

  1. Bener kata febri ini mah, pemalu tapi foto yang di pos di sini saja sudah banyak… xD

    tapi tempatnya ternyata keren. tak kirain pabrik gula di zaman dulu itu ya kayak pabrik pada umumnya, yang nggak dikasi estetika apa2. ini lebih kayak ke gedung pemerintahan.

    kalo gak boleh bawa makanan dari luar, apaka di dalem itu menjual makanan yang dibuat dari gula bekas pabrik itu juga?

    Liked by 1 person

    • Hahaha kebanyakan kah ngepost fotonya?.-. mon maaap

      Jaman dulu mungkin seperti pabrik gula pada umumnya. Ini kan ini suda direnovasi jadi ditambahin properti ini itu yang ala ala biar instagrammable. Ditambahin bendera negara-negara lain kayak markas PBB 😅

      Ngg…kalau gula bekas pabriknya ya jelas suda ga ada dooooong ya.

      Like

  2. Ini salah satu tempat incaran saya kalau nanti ke Solo lagi. Ngelihat foto-foto di sini semakin yakin kalau tempat ini wajib kunjung. Keren.

    Btw, tumben si Febri foto manis banget di samping pujaan hatinya 🙂 Cucok.

    Liked by 1 person

  3. Mbak Nad tolong ajari saya gaya foto yang banyak. Kayaknya aku kalo foto, gayaku bakalan abis duluan daripada memori kameranya huhu. Tapi asli ya ini bagus banget kayaknya aku ga bakal puas cuma sama beberapa spot. Bisa jadi mengulangi spot yang sama dengan angle yang beda wkwk

    Liked by 1 person

    • Hahahah gaya foto saya kayanya gitu gitu ajaa deh mbaaa tiiiiw. Anaknyaa emg suka bingung gitu kalo foto-foto.

      Hahahaha sama lah aku juga suka gitu kok mba. Atau kalau engga nanti ngajak febri balik ketempat awal terus minta take ulang kalau ngerasa belum puas sama hasilnya. Padahal ya hasilnya gitu gitu jugaヽ(。◕o◕。)ノ.\(°o°)/

      Cus ke Solooooo mba dan sempetin main ketempat ini :3

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s