Culinary, Review

Nyobain Menu Baru Combo Richeese Black, Versi Dark Mode dari Richeese Factory

Bagi para pecinta makanan pedes pastinya udah gak asing dong ya sama Richeese Factory? Coba sini ngaku anak Jogja yang beberapa tahun kebelakang pernah bela-belain pergi ke Solo naik prameks cuman demi beli Richeese doang? Toss duluuu sini. Maklum ya, dulu pas awal-awal booming memang belum ada Richeese di Jogja. Sekarang mah alhamdulillah udah ada empat cabangnya yaitu di Sudirman, Jogja City Mall, Jalan Parangtritis, dan yang terakhir di Lippo Plaza (ini baru banget, kurang tau sekarang udah buka atau belum).

Setelah belakangan ini orang-orang pada pamer soal Instagram dark mode, Richeese juga ternyata juga gamau ketinggalan dong dengan ngeluarin richeese dark mode alias Richeese Black. Awalnya aku gabegitu penasaran sih sama trend trend makanan kayak gitu, tapi setelah liat banyak meme yang berseliweran di twitter, ditambah foto tangan orang-orang yang pada belepotan item-item abis makan richeese black, aku jadi tergoda untuk nyobain juga.

Menu Richeese Black

Ada beberapa makanan yang masuk kedalam varian Richeese Black ini yaitu Combo Richeese Black, Richeese Black Sauce, Richeese Black Friend Fries *aku gangerti kenapa namanya friend fries instead of french fries?*, Richeese Black Lava, dan Richeese Black Ice Cream, dan Cheesy Fish Bite. Dari semua menu itu warnanya item, kecuali si ayam dan si cheesy fish bitenya. Itu menurut gambar ya manteman, soalnya aku sebenernya cuma pesen Combo Richeese Blacknya dan dapet ayam goreng + saus keju hitam + black lava (plus beli tambahan saus BBQ level 5 dan minta extra cheese as usual).

banner-richeese-black
Source: richeesefactory.com

Terus apasih bedanya sama menu combo fire yang biasanya? Nah kali ini aku mau jelasin beberapa perbedaan yang aku notice dari kedua paket tersebut.Β 

1. Ga ada saus BBQ dalam menu Combo Richeese BlackΒ 

Hal yang paling mencolok dari menu yang kalian dapatkan dari Richeese Black adalah hilangnya saos BBQ khas Richeese dari menu kalian. Buat aku pribadi ini agak disappointing sih, soalnya aku sedoyan itu sama pedes. Aku kirain ayamnya bakalan tetep dikasih saus BBQ tapi warnanya hitam, eh ternyata yang hitam itu cuma kejunya, sedangkan ayamnya ya cuma ayam biasa dengan warna selayaknya ayam goreng richeese dengan rasa yang sama saja. Akhirnya aku tetep pesen saus BBQ lagi seharga kurang lebih Rp 5.500. Sausnya bisa request untuk langsung dicampur sama ayamnya (kayak combo fire) atau dipisah kayak punyaku.

Processed with VSCO with a6 preset
Combo richeese black. Saus BBQ dibeli terpisah diluar paket

2. Warna saus keju jadi hitam

Kalau kalian pesen Richeese Black, keju yang kalian dapet warnanya hitam, bukan kuning kayak biasanya. Sebenernya ini sih inti dan kunci dari Richeese Black yang kalian beli. Tanpa si keju hitam ini, Richeese Black kalian tidak ada bedanya dengan ayam Olive biasa wkwkwk. Ya sama aja kayak Richeese Combo Special lah ya. Karena agak was was sama rasa saus keju hitamnya, jadi saya minta extra cheese yang biasa untuk jaga jaga.

Soal rasa kejunya, aku pribadi ngerasa kayak yang keju hitam isi sedikit lebih asin daripada yang kuning. Gak beda jauh sih sebenernya, so I don’t know it’s just me or..?

Processed with VSCO with a6 preset

3. Minuman kalian juga berwarna hitam, gabisa request varian lain

Kalau biasanya kalian bisa milih antara Pink Lava atau Fruitarian Tea, nah untuk Combo Richeese Black ini menu yang bisa kalian pilih cuma Richeese Black Lava aja. Tapi kalian tetep bisa milih sih mau yang ukuran biasa atau yang gedean dikit. Berhubung aku suka ga abis kalah pesen diupsize, jadi pesen yang ukuran biasa aja.

Processed with VSCO with a6 preset

Soal rasa, black lava ini mirip coca cola. Bedanya, ini agak asem asem gimana gitu, tapi gak seasem fruitarian tea ya. Duh aku gabisa ngedeskripsiin rasanya dengan baik wkwk mon maap. And oh, kalau kalian pesen combo selain richeese black, kalian gak bisa milih black lava ini sebagai minuman kalian ya.

Harga Combo Richeese Black

Berhubung notanya udah ilang, kalau gaksalah sih harganya sama aja kayak Combo Fire Wings yaitu sekitar Rp 39.000. Soalnya kalau aku check di GoFood harganya Rp 42.000, sama kayak combo fire wings gitu hehe. Semoga infonya tidak salah ya manteman. Duh sangat tidak informative memang. Gimana sih nad niat nulis atau kagak wooooooy?

Repurchase or not?

Sejujurnya, setelah mencoba menu baru ini, aku tetep lebihΒ  suka sama combo fire wings level 5. Jadi kalau ditanya mau beli atau tidak? Hmm kemungkinan besar tidak, kecuali kalau ditraktir. Nanti aku tinggal beli saus BBQ level 5 nya aja.

Selain itu, sebenernya aku agak terganggu dengan warna item item yang nempel di gigi dan nyelip disela-sela kuku, kayak jorok aja gitu jadinya. Agak serem juga gaksih kalau misal gasengaja kena baju? Apalagi aku clumsy sekali. Kalau noda yang di jari sih cukup dijilat dan disedot sedot mulut juga mayan ilangt (api ini versi jorok ya wkwk), kalau noda di baju entahlah gampang ilang atau engga.

Tapiiii kalau soal rasa keseluruhan enak enak aja kok. Ya kayak kalau kalian pesen Richeese Combo Special gitu lah. Saranku sih kalau mau makan ini mendingan di take away aja biar lebih bebas makannya.

Buat yang mau nyobain, selamat mencoba yaa. Buat yang udah nyobain, please let me know what you think of it πŸ˜‰

Advertisement

20 thoughts on “Nyobain Menu Baru Combo Richeese Black, Versi Dark Mode dari Richeese Factory”

  1. Aku nyobain Recheese Black di hari pertama penjualannya. Dan… aku pesen dengan saos bbq yang dicampurin ke ayam. Jadi kek makan recheese menu biasa tapi saos kejunya yang black gitu aja wkwkwk

    Soal repurchase atau engga, aku sih memilih engga. Cukup sekali aja nyobain menu barunya. Udah paling bener mesen menu combo fire chicken. Gak pake saos item wkwkwk. Enakan saos keju biasa menurutku sih.

    Liked by 1 person

    1. Waaah ada gerangan apanih mba tiwi nyasar sampai kesini πŸ˜…

      Aku juga ditawarin sama mbaknya, saosnya mau dicampur ke ayam atau engga, tapi aku milih buat dipisah aja soalnya pengen ngerasain menu aslinya kaya gimana rasanya. Untungnya ku tetep memesan saus BBQ nya + minta extra cheese nya juga. Best decision πŸ˜…

      Hooo jelaaaas doooong enakan yang fire chicken. Udah paling bener deh itu. Tapi kalau buat yang penasaran, bole lah order black fire. Ngga disappointing kok rasanya. Deserves to be tried even just for once. πŸ‘Œ

      Liked by 1 person

      1. Aku kan lihat storymu di IG soal postingan ini. Makanya nyasar wkkwk.

        Btw soal black lava juga aku kurang suka euy. Karena terlalu manis. Aku bukan penyuka manis soalnya. Kalo makan recheese biasa kan pasti mesennya pink lava, karena dia ada efek susunya kan. (((Efek susu)))

        Maksudnya jadi bikin ga kepedesan banget kalo abis makan recheesee yang pedes wkwk. Pink lava tetep favoritku sih sejauh ini.

        Liked by 1 person

        1. Terlalu maniis? Hooooo ku pikir manisan si pink lava malah wkwk. Soalnya si black lava ini lebih ke soda & asemasem gitu kalau di lidahku :” iyasih kalau yang pedes pedes enaknya pink lava yang ada susunya biarpun kayanya ga berasa bgt susunya πŸ˜…

          Like

  2. wow, sangat menggiurkan sekali nih. yah harga kisaran 50-100k memang harga wajar untuk menu semeriah itu.

    oia, btw Mbak Nadya yang hobi makan nih, kamu sudah baca kan pos aku tentang ide membuat komunitas bloger baru itu. Rasanya akan lebih greget kalau Mbak Nad bisa ikut gabung juga. Tulisan-tulisannya yang inspiratif bisa jadi bahan bagus untuk dipelajari bersama. Dan khususnya nih pos-pos yang berbahasa Inggris. keren

    jika berkenan, mampirlah sekali lagi ke sini https://ishfah7.wordpress.com/2019/10/12/ide-membuat-komunitas-bloger-baru/

    hatur nuhun

    Liked by 2 people

    1. Iya masih dalam harga wajar untuk dimakan sebulan 2 kali. Kalau sering sering mayaan ugaaa soalnya mas πŸ˜…

      Kemarin sudah sempet baca dooooong. Nanti aku baca ulang lagi mas biar lebih paham lagi hehe thank you 😁

      Like

  3. Nggak tertarik beneran… kentang gorengnya juga jadi aneh diliat, dengan rasa yang nggak jauh beda, dapat tampilan yang malah menurut saya mengurangi selera itu nggak lah pokoknya. Kecuali black lavanya, nunggu paket ini gak laku dan black lavanya bisa dipesen bebas saja~

    Liked by 1 person

    1. Honestly iyaa tampilannya mengurangi selera. Apalagi pas saus keju itemnya belepotan kena tangan, mulut, dan gigi, duh agak gimana gitu. That’s why I think it’s more recommended to eat at home.

      Iya kalau soal rasanya sama aja sih kayak kalau pesen yang biasa so yeah i won’t complain about the taste. Sebenernya kalau mau beli black lava doang gapapa kali soalnya di gofood bisa kok. Cuma kalau mau ngeganti pink lava di paket combo fire sama black lava baru itu gaboleh. Sepertinya yak, correct me if im wrong 😁

      Let’s see when this hype is gonna come to an end.

      Like

  4. Nice info. Untungnya, aku lagi ngurangin makan pedas. Soda juga udah enggak. Bayanginnya ikut laper, tapi bukan pengen makan serba item itu tapi recheese fire wings. Wqwq.

    Liked by 1 person

  5. Wah ini kayaknya lagi ngetrend ya, saya belakangan ini sering liat ttg richeese black ini di twitter. Sy jadi tergoda utk mencoba juga mbk tp masih maju mundur soalnya lumayan jauuuh richeese dr tmpt sy

    Liked by 1 person

    1. Lumayan ngetrend sih, ya biasalah ada menu baru yg agak aneh langsung pd penasaran πŸ˜„
      Wuaduuuu jauh ya mba? Tapi dulu saya jauh sih ke richeese, kudu keretaan dulu sejam ke Solo wkwkk

      Like

  6. Looks yumyy bgt mbak =D ku jadi pengen nyobain juga wkwk
    Ngomong ngomong, perjuangan bgt ya dulu kalau sampe harus ke kota solo hanya untuk mencoba richeese. Tapi alhamdulillah skrg sudah dekat ya mba?

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s