Culinary, Review

Makan Siang Enak di Aroma Kasongan

Selama ini Kasongan dikenal sebagai pusat kerajinan gerabah. Tapi tiga tahun belakangan ini, selain gerabah di Kasongan juga udah mulai banyak toko yang menjual perabotan rumah tangga yang kekinian dan tempat makan baru yang enak buat nongkrong atau sekedar bersantai sambil nikmain suasana alam di Kasongan.

Salah satu tempat makan yang aku cobain yaitu Aroma Kasongan yang beralamat di Jalan Kasongan Raya 69 Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, atau kurang lebih 250 meter dari gerbang Kasongan. Tempat ini ada di kiri jalan ya kalau kalian datang dari arah gerbang Kasongan, gampang ditemuin deh pokoknya apalabi kalo ngikutin Google Maps.

Berhubung Aroma Kasongan ini berada di jalan Kasongan yang mana merupakan akses jalan untuk aku pergi kuliah atau kerja, jadi hampir tiap hari selalu lewat di depannya. Mungkin udah ada tiga tahunan kali ya Aroma Kasongan ini beroperasi, tapi aku baru sempe icip-icip rabu minggu lalu (13/11).

Processed with VSCO with a6 preset

Processed with VSCO with a6 preset

Kalau kalian liat dari luar, bangunan Aroma Kasongan ini terbilang tidak terlalu besar, namun begitu kalian masuk teryata di dalam terdapat cukup banyak meja dengan berbagai hiasan di meja dan dinding yang unik yang tertata dengan sangat cantik. Jadi mereka ini punya ruang indoor dan semi-outdoor gitu. Ruang indoornya ada dibagian depan, dihiasi berbagai pernak pernik antik. Sedangkan bagian semi-outdoor ada dibagian belakang dimana pengunjung dihadapkan view sawah, dan ada kolam ikannya jua yang menamba nuansa adem di Aroma Kasongan ini.

Processed with VSCO with a6 preset
Bagian depan/indoor di Aroma Kasongan

Aku milih untuk duduk di bagian belakangnya, biar lebih adem aja sih kena angin sepoi-sepoi dari sawah sambil denger gemericik suara air di kolam ikannya, secara Jogja lagi super panas banget cuy belakangan ini. Gangerti lagiiiii.

Processed with VSCO with a6 preset
Bagian belakang/semi-outdoor di Aroma Kasongan

Pas aku kesana kebetulan lagi ada bule yang lagi belajar bahasa Indonesia gitu. Entah mereka udah berapa lama duduk situ. Gak lama kemudian datang lagi 2 orang bule yang makan disana, tapi di meja yang berbeda. Ini tempatnya emang enak buat duduk ngobrol berlama-lama gitu sih. Hawanya bikin ga pengen pulang saking ademnya dan nenangin banget.

Processed with VSCO with a6 preset

Setelah dirasa mendapat tempat yang pas, akhirnya aku mulai untuk pilih-pilih menu makanan dan minumannya. Untuk makanan utamanya sih semuanya makanan jawa rumahan gitu dari mulai Nasi Campur Jawa, Gado-gado, Nasi Goreng Aroma, Opor Ayam, Kari Ayam Pedas, dan ada juga dalam bentuk rice bowlnya, tapi tetep dengan menu jawanya. Oiya mereka juga nyediain Nasi Campur untuk Vegetarian loh, itโ€™s a plus! Untuk harga menu utamanya berkisar antara IDR 25.000-40.000. Sedangkan untuk menu tambannya berkisar antara IDR 5.000-25.000.

Processed with VSCO with a6 preset
Menu Makanan di Aroma Kasongan

Untuk menu minumannya, Aroma Kasongan menawarkan beberapa varian kopi, jus, dan minuman lain yang unik seperti lidah buaya, twinning tea, green tea, dan infused water. Harga minumannya berkisar antara IDR 10.000-20.000.

Processed with VSCO with a6 preset
Menu Minuman di Aroma Kasongan

Setelah memilah-memilah menu makanan dan minuman, akhirnya pilihanku jatuh ke Nasi Campur Jawa dengan Sate Lilit Tuna seharga IDR 40.000 dengan minuman Infused Water (timun + lemon + mints) seharga IDR 10.000. Sebagai cemilannya aku juga pesen carrot cake nya yang katanya the best carrot cake in Jogja seharga IDR 25.000.

Btw mereka cukup unik dalam hal penyajian makannya. Makanan yang aku pesan alias Nasi Campur Jawa dengan Sate Lilit Tuna ini ditaruh diatas piring bulat berbahanโ€ฆapa ya? Kayak kaleng, seng, apalaah itu, pokoknya mirip bahan gelas jadul yang warnanya hijau loreng-loreng putih punya kakek/nenek kalian gitu. Seporsi Nasi Campur Jawa dengan Sate Lilit Tuna ini terdiri dari Nasi + Tempe + Lodeh Kampung + Bihun + Sambal Ikan Teri Kacang + Sate lilit tuna. Honestly, porsi lauknya lumayan banyak buatku. Mungkin porsi lauknya bisa dikurangin dan porsi nasi nya ditambah. Tapi untuk rasanya sih enak banget. Sate lilitnya juaraaaa!

Processed with VSCO with a6 preset
Nasi Campur Jawa dengan Sate Lilit Tuna Aroma Kasongan

Untuk minumannya, aku puas sih sama Infused Waternya soalnya emang beneran nyegerin dikala jogja lagi panas-panasnya. Mintsnya beneran ngademin banget. Waktu itu aku lagi emang gatertarik sama minuman jus-jus yang ada dan lagi pengen yang seger-seger, dan si Infused Waternya emang senyegerin itu.

Processed with VSCO with a6 preset
Infused Water Aroma Kasongan

Sebagai penutup menurutku Carrot Cake ini wajib dicoba buat pencuci mulut sih. Biarpun ukurannya terlihat kecil, kayak cupcake gitu, tapi ini lumayan bikin kenyang juga lho. Udah gitu taburan almondnya dan creamnya bener-bener enak banget dan gak enek. Tekstur rotinya emang agak rapuh gitu, dan kalian bisa rasain ada serpihan wortel di dalam kuenya *yaiyala namanya juga carrot cake, bukan eggplant cake* yang menambah rasa untuk dari carrot cake ini. Kalau kalian mau ngemil sehat bisa nih cobain carrot cakenya!

Processed with VSCO with a6 preset
Carrot Cake Aroma Kasongan

Processed with VSCO with a6 preset

Ya kurang lebih begitu lah ya pengalamanku selama nyobain makanan di Aroma Kasongan. Secara keseluruhan, menurut aku pribadi nilai yang aku kasih buat Aroma Kasongan ini adalah 8.5/10 untuk makanannya dan 9/10 untuk tempatnya. Mungkin kalau kalian main ke Jogja bagian selata, bisa nih mampir ketempat ini dan langsung cobain sendiri makannya.

35 thoughts on “Makan Siang Enak di Aroma Kasongan”

    1. Ayahku doyan banget sama sayuran tapii mba. Apa karena beliau orang sunda ya jadinya biasa makan lalapan dan sayur sayuran? .-.

      Dulu biasanya km gimanain mba biar mau makan sayur? Wkwk bagi tipsnya :p

      Like

      1. Weh sundanese mah jangan ditanya ๐Ÿ˜‚ temenku kuliah juga pada doyan. Tapi ntah ya pacaran sama laki jogka ga pernah nemu yang doyan sayur๐Ÿ˜ฅ

        Hmmm tipsnya adalah dengan ngomporin “pantes celana pada ngepres semua. suruh makan sayur ga mau sih”

        Yes, i know there’s no correlation between getting ‘thicker’ with veggies but it works on them! *sometimes* ๐Ÿ˜‚

        Like

  1. Eh ya Tuhan, rumah kk di Kasongan ? waw deket dong ya dari rumahku. Btw aku sering tuh maen2 ke kasongan. ehehe.. cool, aku juga suka ke aroma kasongan. dan satu lagi, ke kedai nyah tan li sebelum jembatan.. ๐Ÿ˜ habis nasi campur jawa, nyoba nasi campur bali kak ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    Liked by 1 person

    1. Iya aku tinggalnya di Kasongan ;D sesama anak bantul kan kitaaaah *wink wink*
      Aku penasaran nih sama kedai nyah tan li, belakang ATM BNI itu kan? Aku sukanya cuman minum es campur di deket ATM BNI kalo siang-siang wkwk. Aku tuh antara penasaran dan takut mau kesitu, karena gakeliatan dari jalan, agak ndelik gitu kan. jadi gatau itutuh tempat apaan dan kayak gimana orang orang disana.

      Mungkin bisa nih ku ajakin cowokku buat kesitu. Bukanya sore-malam doang apa dr siang juga sih? Asli clueless bgt ๐Ÿ™ƒ

      Like

      1. wahahah.. iya sih ga keliatan.. kedainya di samping toko gerabah dan di atas kali gitu.. kecil juga tempatnya. tapi lumayan okelah menurutku. dari siang udah buka kok.. kalo malem buka jg kali ya, soalnya aku blm pernah dateng malem hehehe..

        Like

  2. Sejak Mba Nad menyebut sate lilit tuna, aku langsung ngebayangin dong. Ternyata beneran enak ya? Huhu mauuuuu.

    Btw, itu greenteanya pahit nggak, Nad? Terus carrot cakenya nggak terlalu manis kan? Keknya bakal nyobain carrot cake deh kalo dibilang the best carrot cake di Jogja. Hahaha.

    Liked by 1 person

    1. Hahaha iyaaaak tiw beneran enak buatku. Walaupun ternyata dagingny agak sedikit dan gedean batang serehnya :”) tapi tetep enaaaa.

      Engga karena ada madunya. Tapi emang ga manis sih, tapi gapait sama sekali sih. Carrot cakenya enyaaaak. Palagi cream cheesenyaaaaa :3

      Like

  3. Duh, kenapa sih Jogja itu tempat makannya homey2 gitu? Bikin berasa di rumah neneeek. Dari postingan ini gue jadi tahu kalau infused water sejatinya adalah air lalapan ayam penyet. \:p/

    Like

    1. Yoiiiiih, apalagi daerah yang agak agak mlipir di utara/selatan jogja. Suasana homey nya dapet banget~~

      Yang bener adala air kobokan ayam penyet, karena kadang ada yang isinya pake potongan jeruk nipis~~~

      Like

  4. Carrot cakenya bikin kenyang karena udah makan nasi duluan gak sih?
    Tapi, carrot cake emang penyajiannya ukuran kecil. Karena dijadiin cemilan sehat untuk yang diet dan vegetarian. Dulu pernah kerja di cafe yang jual makanan sehat, dari sanalah tau gimana caranya bikin infused water.

    Like

    1. Bisaaa jadi iya karena sebelumnya suda makan. Kalo ngamakan dulu yaa kira kira baru bisa kenyang kalo makannya seporsi buat sendiri ๐Ÿ˜…

      Kayanya kalo makan cake ukurannya gede gede jadinya eneg gaksih? Emg udah pas dibuat segini segini hehe.

      Hehe jadinyaaa bisaa bikin sendiriii yaak ๐Ÿ˜…

      Like

  5. Halo salam kenal. Tulisannya sangat menginspirasi dan berbobot. Saya tertarik โ€˜followโ€™ ya, silakan โ€˜followโ€™ balik ya biar kita bisa saling berbagi pengalaman. Thank you.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s