Nyobain Makanan Vegetarian di Warung Kitasuka Vegetarian

Tahun 2019 adalah tahunnya icip-icip makanan enak. Mungkin kalau diitung-itung, pengeluaran terbesar adalah untuk jajan, entah itu karena tergiur promo GrabFood, pengen nyobain tempat makan baru sama Febri, atau biar ada bahan untuk dipost di instagram kita berdua yaitu @enaknyamakanapaya. Kira-kira tahun 2020 ini akan jadi tahun yang gimana ya? Apakah akan diisi dengan makan-makan enak dan traveling lagi? Atau harus bekerja keras dan berhemat? Atau akan menjadi tahun untuk beristirahat dan rehat dari segala aktifitas yang membuat lahir dan batin ini lelah? Entahlah ya~ mari kita lihat saja, yang penting tetap bahagia.

Btw, ada satu tempat makan yang aku dan Febri datengin sekitar akhir tahun 2019 yang berkesan tapi belum sempet ku tulis. Kita tau tempat ini secara ga sengaja, atau lebih tepatnya Febri nemuin tempat ini ketika lagi nyari makan di GoFood, secara kita selalu bingung mau makan apaan wkwkwk. Pas itu kita liat menu-menu makanannya kok kayaknya enak, kok kayaknya lucu buat foto-foto, kok kayaknya tempatnya asik. Abis itu kita langsung stalk instagramnya (@kitasukaidea) dan langsung penasaran sama tempatnya. Nama tempatnya adalah Warung Kitasuka Vegetarian.

Processed with VSCO with a6 preset

Sesuai namanya, Warung Kitasuka Vegetarian ini menjual makanan untuk vegetarian. Tapi tenaang, menu makanan disini cukup variatif kok. Sejujurnya kita udah sempeting browsing menu makanan disini ada apa aja dan baca beberapa reviewnya, biar lebih meyakinkan dan milih menunya juga ga kelamaan. Soalnya waktu itu aku mampir jam 12:00 dan harus masuk kerja jam 14:00 alias takut telat cuuuy. Kok ngga datang pagian ajaa? Yaaa maunya sih gitu, tapi mereka bukanya dari jam 12:00-20:00 dan tutup setiap hari senin. Alamatnya ada di Jl. Roto Kenongo, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Gampangnya cari google maps wae lah. Aku aja yang jaraknya cuma 3 KM tetep pakek google maps karena emang gatau ada tempat ini sebelumnya. 

Lokasi warung kitasuka ini ada di jalan perkampungan tapi gak sulit ditemuin kok, udah gitu dari luar bangunannya tampak berbeda dengan cat warna kuning dan beberapa lukisan/mural (??? idk its name).

Processed with VSCO with a6 preset
Tampak luar dari Kitasuka Vegetarian

Dari pintu gerbang, kalian akan masuk ke area parkir motor. Begitu liat-liat lebih ke dalem lagi, hal yang kita liat bukanlah meja dan kursi untuk makan melainkan semacam bulk store yang ngejual banyak banget pernak-pernik, tote bag, kalung, sedotan stainless, notebook, pouch, pink salt, almond, postcard dan barang-barang handmade lainnya yang gemes gemeeeees. Kayaknya ini gabungan dari beberapa penjual gitu deh. For more info bisa lihat di instagram @kitasuka.store. Aslii lucu-lucuuu banget barang-barangnya.

Processed with VSCO with a6 preset
Beberapa barang yang ada di bulk store Kitasuka Store
Processed with VSCO with a6 preset
Situasi di dalam bulk store~

Zuzur aku sama Febri sempet agak bingung pas masuk, kita wondering “dimana tempat makannya?” “jangan-jangan tutup”. Tapi ternyataaaa tepat di belakang bulk store ini kayak ada gang kecilll banget, dan itu adalah jalan untuk menuju ke warungnya. Aku sempet nggak yakin kalau ini adalah jalannya, tapi ya emang ngga ada jalan lagi wkwkw.  Setelah tanya ke mbak-mbak cashiernya eh gataunya bener. Setelah melewati lewatin gang itu, ada tangga turun untuk area makannya.

Processed with VSCO with a6 preset

Jadiii tempat makannya itu ada di joglo yang di dalamnya disusun beberapa meja dan ada bantalan untuk kita duduk. Tempat makannya outdoor dan langsung bisa lihat ke sungai. Mana disekitarnya ada banyak pepohonan juga, gileee gileee bener-bener enak banget buat ngadem dan menenangkan diri karena suasananya sepi dan sejuk. Saranku sih jangan pas lagi buru-buru makan disininya, biar bisa maksimal nikmatin ambiencenya. Selain joglo, ada juga sih meja berpayung dan kursi yang disusun di area sekitar joglo, view ke sungainya lebih jelas dari sini. Tapi untuk makan sih aku lebih prefer di joglonya aja. Kurang lebih suasananya kayak gini:

Processed with VSCO with a6 preset
Area joglo kitasuka vegetarian.  Luas, bisa buat gegoleran atau makan sambil kayang.
Processed with VSCO with a6 preset
Salah satu meja di joglonya. Bisa buat nugas atau ngerjain kerjaan
Processed with VSCO with a6 preset
Ada buku dan games yang bisa kalian cobain
Processed with VSCO with  preset
View nya langsung ke sungai

Okedeh, biar postingannya ga kepanjangan, ini dia menu makanan dan minuman yang ada di Warung Kitasuka Vegetarian per tanggal 26 Desember 2019 ya. Kita fotoin selengkap lengkapnya biar bisa buat itung-itung budget kalau mau kesini *karena akupun suka begitu*

Processed with VSCO with a6 presetProcessed with VSCO with a6 presetProcessed with VSCO with a6 preset

Makanan yang kita pesen adalah:

– Rames Terong (26k)

– Spaghetti (25k)

– French Fries with Spinach Sauce (17k)

– Fruit Cup (20k)

– Passion Hoci (17k)

– Chia Seeds Vanilla (20k)


Itu udah lumayan buanyak gak sih pesennya? Tapi sebenernya kita sempet galau mau nambah menu tempe mendoan/bakwan (15k) atau engga, soalnya takut kenyang bego, tapi kok yaa pengen coba juga. wkwkwk.

Processed with VSCO with a6 preset

Makanan utama yang ku pesan adalah Rames Terong. Well, kenapa kok rames terong? Yaa karena aku suka terong, apalagi kalau terongnya digoreng crispy atau dibumbu balado. Suka sedih akutuh kalau ada yang ngatain terong gaenak. Oiya, satu porsi rames terong ini lumayan banyak juga lho soalnya isinya ada terong (of course, duh), telur, bunga kol yang dibikin capcay, sop, kerupuk, dan nasinya ituuu lhooo pake nasi merah yang bikin auto kenyang. Biarpun difoto kelihatannya nasinya cuma sedikit, percaya lah itu bikin kenyang.

Processed with VSCO with a6 preset
Rames Terong Kitasuka Vegetarian

Dari segi rasa, aku suka sih sama terongnya. Bumbunya kerasa, walaupun katanya mereka gapake MSG dan lain-lain tapi rasa masakannya enak kok, begitupun untuk pelengkap lainnya. Sesekali makan sehat tanpa micin.

Makanan yang dipesen Febri adalah spaghetti. Berhubung ini warung vegetarian tentunya spaghettinya bukan yang ada saus bolognese dengan daging. Menurut deskripsi yang ada di buku menunya sih spaghetti with vegetable, tomato basil sauce and garlic cracker. Kapan lagi ya kan makan spaghetti pake krupuk~. Dari foto yang kita liat di Instagram sih porsinya ngga begitu banyak ya, makanya kita pesen snack lain biar kenyang. Gataunya…..porsinya gede juga cuy.

Processed with VSCO with a6 preset

Rasa spaghettinya enak juga ternyata. Dan lagi lagi, bumbunya gak hambar sama sekali. Ya cuman emang ngga senendang kalau makan spaghetti yang ada daging-dagingnya itu sih. Tapi ini tetepp enaaaak dan super ngenyangin apalagi dengan porsi yang sebuanyak ini. Untuk harga 26k, ini worth it.

Baca juga: Icip-Icip Makanan di JiwaJawi Jogja: Hidden Gem di Selatan Kota Jogja

Untuk minumannya, aku pesen Passion Hoci dan Febri pesen Chia Seeds Vanilla. Nah tapi karena pas itu vanilla sirupnya lagi abis, jadi diganti sama sirup lain tapi aku lupa namanya. Minuman yang kita pesen sama-sama enak dan nyegerin sih, yang Passion Hoci beneran kerasa rasa passion fruitnya dan rasanya lebih manis dari yang chia seeds vanilla. Ataukah karena Febri mengaduk minumannya tidak sampai homogen? Tapi jujur aja untuk minumannya aku lebih amaze ke sedotannya, karena mereka udah pake sedotan stainless. Good job, kitasuka!

Processed with VSCO with a6 preset

Biarpun dua menu diatas plus minumannya sebenernya udah bikin kenyang, tapi kita udah terlanjur pesen dua menu lain yaitu French Fries with Spinach Sauce dan juga Fruit Cup yang wajib kita habiskan wkwkkw padahal mah kentangnya datang paling duluan dan fruit cupnya datang paling akhir sampe kita lupa kalau masih ada 1 menu yang belum datang.

Processed with VSCO with a6 preset
French Fries with Spinach Sauce

Sumpeeeh yaaa ini lucu banget saos kentangnya pake bayam. Aku kurang tau ya bikinnya gimana, sepertinya diblender karena saking lembutnya. Rasanya unik dan kayak ada rasa bawangnya gitu. Duh aku kurang yakin ya bahan sausnya apa aja tapi yang jelas rasana enak!!! Gaberasa lagi makan bayam. Rasa sausnya asin-asin gimana gitu. Kalau kentangnya ya seperti kentang pada umumnya. Aku tertarik sama ini karena penasaran sama saus bayamnya. Cobain menu ini deh kalau makan disini.

Processed with VSCO with a6 preset

Akhirnya sampai juga di menu terakhir yaitu Fruit Cup. Fruit Cup ini isinya potongan 4 jenis buah dan dikasih topping ice cream vanilla. Waktu itu buah yang kita dapet adalah semangka, pear, anggur, dan buah naga. Perpaduan warna buahnya cantik sih, kalau untuk rasanya ya selayaknya rasa buah yang diberi es krim, yang jelas enak dan nyegerin. Tapi sayang pas itu kita udah keyang bego jadi kurang menikmati moment makan fruit cup ini. Seharusnya tuh ya, makan fruit cup ini doang tuh udah lumayan ngganjel perut lho.

Baca juga: Makan Siang Enak di Aroma Kasongan

Secara keseluruhan, aku sangat menikmati pengalaman makan siang di Warung Kitasuka Vegetarian. Menu makannya emang beneran enak, ngenyangin, ditambah lagi suasana tempat makannya bener-bener bikin nyaman. Udah gitu harga makannannya juga masih affordable. Ditambah lagi ada bulk storenya. Bisa makan sambil beli-beli printilan handmade yang gemes. Untuk rasa makannya, scorenya kalau aku sih 8.5/10, dan untuk tempatnya 9/10.

Apakah aku akan kembali lagi? Yes, karena pengen nyobain menu yang lainnya, especially pengen ke bulk storenya karena kemarin belum sempet beli apa-apa.

Kalau kamu, mau cobain kesini juga nggak?