Photography, Review

Nyobain Kamera Analog Nikon EF400SV + Film Kodak Vision3 500T

Mumpung lagi mood, lanjut cerita-cerita soal kamera analog lagi yuk! Kamera yang ku pakai kali ini adalah Nikon EF400SV dengan film Kodak Vision 3 500T. Ini adalah kali pertama aku nyobain kamera dari nikon, karena sebelumnya selalu pakai keluaran Fujifilm.

Kira-kira begini tampilan dari kameranya:

Processed with VSCO with a6 preset
Nikon EF400SV

Dari segi tampilan, cantiq kayak aku dan menawan sekali bukan? Eh gimana sih harusnya kalo ngedeskripsiin kamera? Hahaha. Yaa pokoknya dia tuh bener-bener a pocket-sized point and shot camera yang super lightweight tapi nggak berasa ringkih. Kalau dibawa kemana-mana tuh praktis aja gitu, tinggal dikalungin biar seluruh dunia tau kalau kalian adalah anak antimainstream yang punya dan main kamera analog wkwkwk *gakdeng

Processed with VSCO with a6 preset
Tampak belakang dari Nikon EF400SV

First thing that I noticed ketika pertama pake adalah….wow view findernya gede juga dan bening abis, mantap buat ngeliat objek yang mau kita bidik. Terus, disebelah lensa Nikon 28mm nya ada tombol on-off untuk flashnya juga lho, tapi aku pribadi belum pernah ngotak atik tombolnya sih jadi flashnya selalu nyala. Oiya, kamera ini jenisnya otomatis dalam hal wind-and rewind, jadi kalau abis jepret langsung muter deh filmnya, dan kalau filmnya udah mentok/abis nanti otomatis ngerewind sendiri deh. Kamera ini membutuhkan 2 batre AA if you want to use it.

Baca juga: Nyobain Kamera Analog Fujifilm Axion + Film Fujicolor C200

Kayanya udah cukup ya soal kameranya? Makin panjang tulisannya kayaknya malah bikin makin keliatan kosong otaknya soal perkameraan.

Langsung aku liatin hasil fotonya ajalah ya. Foto foto ini adalah hasil hunting di area landasan pacu pantai depok, gumuk pasir, pantai tall wolu, dan juga pantai parangkusumo.

Ini salah satu foto favorit dari roll ini, soalnya pemandangan dan komposisi fotonya berasa pas aja gitu Yaelah tau apaansih nad soal komposisi foto wkwk bct.

KODAK_VISION_1281_09
Landasan pacu pantai depok, captured with Nikon EF400SV + Kodak Vision 3 500T, devscanned by anakanalog.yk

Hasil foto mobil dengan background pantai ini adalah my most favorit. Hasilnya sesuai banget sama apa yang ada dibayanganku. Would be perfect kalau ngga ada orang dibelakang yang lagi duduk diatas motor. Tapi masih bisa di crop sih kalau mau.

KODAK_VISION_1281_12
Pantai apa ya duh lupa, captured with Nikon EF400SV + Kodak Vision 3 500T, devscanned by anakanalog.yk

Nah kalau foto bapak-bapak dengan alat pancingnya ini sebenernya kayak agak nanggung karena beliau hanya kefoto separo, tapi aku suka liat gulungan ombak-ombaknya dan warna air lautnya jadi aku post saja hehehe

KODAK_VISION_1281_15
Pantai Parangkusumo, captured with Nikon EF400SV + Kodak Vision 3 500T, devscanned by anakanalog.yk

Kalau lagi berdiri dipinggir pantai dan nungguin ombak datang, kalian suka liatin busa-busa yang muncul dari air lautnya gaksih? Kalau iya, berarti kita sama. That’s why I took picture of it, cause I simply love it.

KODAK_VISION_1281_28
Sunset in Pantai Parangkusumo, captured with Nikon EF400SV + Kodak Vision 3 500T, devscanned by anakanalog.yk

Yang terakhir ini adalah foto sunset di Pantai Parangkusumo sebelum akhirnya aku memutuskan untuk pulang. Aku baru sadar kalau selama ini kayaknya aku jarang banget bahkan hampir gapernah nikmatin sunset di pantai. Ternyata secantik itu ya sunset di pantai 😦

Untuk beberapa waktu kedepan kayaknya aku ngga bakal hunting dulu, mengingat kondisi diluar saat ini masih belum aman. Semoga pandemi covid19 ini segera berakhir yaa.

Oke deh, udahan dulu ya tulisan tentang Nikon Ef400SV nya. Sampai ketemu dipostingan selanjutnya. Bye bye.

33 thoughts on “Nyobain Kamera Analog Nikon EF400SV + Film Kodak Vision3 500T”

  1. Masih inget banget nih dulu punya kamera begini tuh terasa mevvah nan waw. Anw beda ya rasanya motret pake kamera analog ama digital. Pake kamera digital kan bis cekrak cekrek pilih ntar ntar aja dan post edit juga. Kalo kamera analog harus lebih presisi dari awal. Nice one.

    Liked by 1 person

    1. Betuuuul, dulu terasa mevvah. Dibolehin megang kamera analog ayah aja udah seneng banget.

      Iya nih gabisa asal cekrek seenak jidat soalnya takutnya pas dicuci hasilnya zonk semua dan mengecewakan, padahal harga film dan cucinya lumayan mahal.

      Like

      1. siappp, yaa ku tunggu kbar gembira yang lain juga 🙂 aamiin aamiin, makash yaaaaa mbak 🙂 ayok main sini kalau corona udah hengkang, bisa hunting foto di Blitar hehe

        Liked by 1 person

        1. Iya mba dicoba dulu aja, atau kalau ada film yg blank bisa dicobain dlu kameranya msh fungsi/engga.

          Hahahah tentunyaa yaaa, kudu nunggu sampe situasinya kondusif dan aman utk pergi-pergi 😁😁

          Liked by 1 person

  2. Ini sebelum jadi giveaway, kayanya kameranya terawat ya. Soalnya masih bagus banget. Bahkan hasilnya keren! Favoritku sama kaya kamu, foto yang gambar mobil. Bagoooes!

    Aku punya banyak temen fotografer dan senang soalnya suka kena jepretan mereka, Nad hahaha. Gatau diri emang 😂

    Liked by 1 person

  3. Aku baru baca iniiii. Btw gimana rasanya pake Nikon dibanding Fujifilm?

    Terus aku jadi kepikiran, pake kamera analog tuh auto focus ngga sih? Soalnya mataku suka siwer2 gitu kalo liat objek pake viewfinder hahaha

    Liked by 1 person

  4. Nad, banyak oge kamera nu di dinya. Tapi mun hobiina moto mah malah tambah seru jeung gregetan nya da aya alatna. Hehr..

    By the way, pos berbahasa Inggris nu tempo hari dibahas tos aya.

    Sudilah mampir, Nad

    😀

    Like

Leave a comment