Photography, Review

Nyobain Kamera Analog Cannonmate AF1000 + Film Kodak Color Plus 200

Ngga kerasa udah seminggu lebih aku work from home dan ngedekem di rumah. Selama itu pula aku sama ayah akhirnya berhasil beberes rumah dan buangin barang-barang yang udah ga kepake. Bahkan kita berhasil ngumpulin 131 kilogram kertas bekas untuk kita jual. Sayangnya uang hasil penjualannya langsung dirampas gitu aja sama adek. Nduwe adek kok koyo preman.

Processed with VSCO with a6 preset

Btw aku lagi ikut beberapa giveaway kamera analog di Instagram. Doain ya semoga menang lagi. So far aku baru menang 2 kali dari sekian belas giveaway yang aku ikutin. Kamera Nikon EF400SV yang kemarin udah ku publish adalah salah satunya. Nah mumpung lagi ada motivasi untuk nulis, jadi mari kita lanjutkan cerita tentang hasil giveaway berikutnya, yaitu kamera analog Cannonmate AF 1000.

Processed with VSCO with a6 preset
Cannonmate AF1000

Cannonmate AF 1000 ini adalah kamera hasil giveaway pertamaku. Sebenernya ada cerita yang cukup menggelikan dibalik giveaway yang sebenernya tidak aku ikuti tapi malah aku menangkan ini. Hloo hlooo kok bisaa? Haha ya gitudeh *yaelah nanggung amat ceritanya*. Btw awalnya ku pikir Cannonmate itu ya Canon lho, eh ternyata beda ya walaupun namanya mirip mirip?

Processed with VSCO with a6 preset
Box kamera Cannonmate AF1000
Processed with VSCO with a6 preset
Instructions book dan kartu garansi Cannonmate AF1000

Cannonmate AF 1000 yang kudapet ini kondisinya NOS (New Old Stock) alias barang baru tapi stock lama, biasanya sih mereka dapet dari toko yang udah tutup tapi masih punya stock kamera baru yang belum laku. Karena NOS, jadi kelengkapan kameranya masih yahuuud yaitu masih ada box, kartu garansi (walaupun udah gabisa dipakai), dan instruction booknya. Kondisi kameranya sendiri sih Alhamdulillah masih bagus. Body nya mulus, flash nyala, rewind aman, pokoknya fungsional semua. Cuma yang aku kurang suka adalah ukuran kamera ini cukup besar untuk kamera pocket. Bulky aja gitu. Nih ya bandingin sama kamera-kamera yang lain.

Processed with VSCO with a6 preset
Kamera Cannonmate AF1000 nya ada ditengah ya, dia paling gede dan tebel compared to others.

Aku nyobain kamera ini pakai film Kodak Color Plus 200, film sejuta umat yang sekarang harganya sudah tidak merakyat lagi huhuhu. Untuk bisa beroperasi kamera dengan motor drive ini membutuhkan 2 buah batre AA, jadi setelah kalian jepret, filmnya udah otomatis bergeser sendiri dan kalau misal udah mentok nanti tinggal geser tombol rewindnya dan filmnya udah tergulung sendiri ke dalam canister. Kamera point and shoot model gini nih yang aku suka soalnya ngga ribet.

Baca juga: Nyobain Kamera Analog Nikon EF400SV + Film Kodak Vision 3 500T

Selama di Jogja aku sempet bawa kamera ini waktu main ke Seribu Batu Songgolangit, Imogiri. Pas itu cuacanya agak mendung, tapi berhubung flashnya nyala jadinya gabegitu masalah. Kebetulan aku gabegitu banyak ngambil gambar karena, jadi aku cuma bisa nunjukin sedikit aja:

KODAK_GA200_0985_09

Untuk foto pertama, ini ngefotonya dari jarak jauh soalnya aku malu kalau harus mendekat wkwk jadi mohon maaf kalau ngeblur. Fotonya B aja sih ya, tapi masih okelah ya 🙂

Aku juga sempet bawa kamera ini pulang ke Tasik bulan February lalu, tapi sebagian besar hasilnya ga memuaskan karena lagi lagi LENSA KAMERANYA KETUTUPAN JARI AING ANJIR KESYEEL BANGET GAK TUH? Udah cape cape jalan kaki biar bisa hunting gataunya adaaaa aja jari yang nutupin sebagian lensa kameranya. Tulul. Tapi tetep akan aku post beberapa fotonya, sebagai pengingat agar next time lebih berhati-hati dalam motret.

KODAK_GA200_0985_16
Statsiun Lempuyangan, nunggu keretanya berenti, captured with Cannonmate af1000 + kodak color plus 200, desvcanned by anakanalog.yk
KODAK_GA200_0985_18
Kereta di Stasiun lempuyangan, captured with Cannonmate af1000 + kodak color plus 200, desvcanned by anakanalog.yk
KODAK_GA200_0985_23
Jl. HZ Mustofa di Tasikmalaya, captured with Cannonmate af1000 + kodak color plus 200, desvcanned by anakanalog.yk

Huhuhu kesyel bange asli 😦 padahal pengen motret keadaan Kota Tasik sore-sore tapi malah hasilnya begini. Tapi masih bisa ditangkep lah ya suasana yang mau ditampilin difotonya? :((

Udahan dulu deh cerita kali ini, nanti aku bakal lanjut lagi nulis tentang kamera analog yang lainnya. Bye-bye ❤

41 thoughts on “Nyobain Kamera Analog Cannonmate AF1000 + Film Kodak Color Plus 200”

        1. hahaha makasi mbaaaaa putri 💞💞💞 iya ngga sengaja karena kebegoan saya wkwkw. sebenernya itu karena bayangan tangannya dikit, jadi masih rada cakep. sbenernya ada foto lain yang tangan saya bener-bener nutupin 50% objek jepretan sampe aku lupa dulu itu ngefoto apaan wkwkk

          Liked by 1 person

  1. Jadi ingat, aku pernah sangat tergila-gila dg foto yg tonenya seperti ini, namanya apa ya, lupa, kesan yg ditimbulkan tuh old-dramatic!!!

    Like

  2. Saya sudah terbiasa untuk memfoto digital. Melihat tulisan ini, sepertinya foto analog juga menarik ya. Ada detail khusus yang diberikan yang mungkin tidak bisa direplikasi kamera terbaru sekarang ya

    Liked by 1 person

    1. Iyaa mas, menarik jugaaa. Walaupun skrg udah banyak aplikasi utk edit foto dengan effect seperti kamera analog, tapi tetep ada kepuasan tersendiri kalau foto lgsg pake kamera analog karena ada proses proses yg hrs dilalui smpe akhirnya bs liat hasil fotonya :’)

      Like

  3. Naah ini benar nih tone-nya Kodak, asyik. Nggak kayak hasil foto mas toko sebelah yang nyimpen-nya di kulkas, emangnya burjo enak nek dinikmati adem 😀 😀

    Saya pikir mbak-nya itu buka jasa fotokopi, lha kok bisa dapat kertas sampai 131 Kg 😛

    Liked by 1 person

        1. Iya satu 1 roll film biaya devscan nya +- 50k-an (trgantung jenis film&kualitas fotonya mau normal, medium, atau high), nanti dikasih negatifnya dan hasil fotonya dikirim via email 😀

          Liked by 1 person

    1. Haloooo mba Phebie 😀 welcome to my blog hehehe

      Iya nih, ada keunikan trsendiri yg gabisa didapat dr motret dgn kamera digital. Ya kecuali kalo hasilnya diedit lg pake effect kamera analog 🤭

      Salam kenal juga mba 😊

      Like

  4. Keisengan memotret dalam diri udah lenyap sih. Jadi enggak gampang tergiur melihat kamera dalam jenis apa pun, terutama analog yang bikin nostalgia zaman bocah ini. Sekarang cuma bisa jadi penikmat aja.

    Oh, itu ketutupan jari toh. Saya kira mah fotonya kebakar. Hahaha. Anjir, lama banget rasanya enggak pakai istilah semacam itu lagi.

    Yang saya suka dari kamera analog tuh enggak asal jepret. Cukup mengambil yang penting-penting aja, terus jadi lebih menghargai momen juga. Secara roll filmnya kan mahal. Ahaha.

    Like

Leave a comment