DIY Project

Cara Membuat Leather Notebook Cover a la Traveler’s Notebook

Choosing the right notebook isn’t an easy thing to do for me. In fact it’s been such a pain in the neck since I’m quite picky when it comes to this. Sometimes the size is either too big or too small. Sometimes I simply hate its page layout, rulings, and binding method. And sometimes its cover simply doesn’t suit me. Ribet banget ya aing jadi jelma teh? But lucky me, in early 2016 I stumbled upon a very impressive Instagram account who regularly shares her journaling activities with her Midori Traveler’s Notebook; which made me fall in love right away! ♡♡

Kalau misal kalian belum tau, Midori Traveler’s Notebook is a notebook which consists of a leather cover and an elastic cord. What makes it special is its flexibility which allows you to place multiple books/inserts at once. Last time I checked, the price  for the official Midori leather cover from JetPens was around $46.50, way too pricey just for a notebook, regardless of what it’s made of. To get around this, yours truly finally decided to turn it into a DIY project with whatever materials I have on hand. Aku udah pernah bikin ini di tahun 2016, tapi beberapa waktu lalu pas aku update soal ini di Instagram Story ada yang minta tutorialnya, jadi aku bikin lagi dan kebetulan emang bahannya lagi ada.

Alat dan Bahan untuk Membuat Leather Cover Traveler’s Notebook

Berikut adalah alat dan bahan yang harus kalian siapin untuk bikin leather cover a la midori traveler’s notebook, kebetulan disini aku pake seadanya yang kebetulan kutemuin di rumah:

Processed with VSCO with a6 preset
Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat leather cover traveler’s notebook
  • Leather, atau bahan apapun sesuai preferensi kalian. Disini aku pakai artificial leather sisa bahan sandal, bukan kulit asli. Kalau mau beli bisa di toko bahan kulit.
  • Gunting/cutter
  • Penggaris
  • Pensil/pulpen untuk bikin pola
  • Paku/alat pembolong
  • Palu
  • Elastic cord. 1-2 meter should be enough. Ini juga bisa dibeli di toko bahan kulit

Baca juga: A Little Bit of Something that I Love: Postcards and Handwritten Letters

Gampang didapetin kan semua alat dan bahannya? Kalau udah siap semua, mari kita mulai proses pembuatan leather covernya.

Cara Membuat Leather Cover Traveler’s Notebook

1. Pertama-tama kita mulai dengan bikin pola pada bahan kulitnya. Ukuran cover yang mau ku buat yaitu 26,5 cm x 22 cm; mendekati ukuran reguler nya Midori. Pola keseluruhannya adalah seperti ini:

POLA COVER LEATHER-
Pola leather cover travaler’s notebook

Ukuran panjang dan lebarnya aku sesuaikan dengan ukuran buku yang nantinya akan ku pakai, disini aku pakai buku dengan ukuran 11 cm x 21 cm yang kubuat sendiri pakai kertas pilihanku. You need to ensure that the size of the leather bigger than the size of the notebook so the books don’t come out when folded. Kalau polanya udah jadi, tinggal kita gunting deh~

2. Setelah kita dapetin pola berukuran 26,5 cm x 22 cm, kita lanjut dengan bikin lubang untuk tali elastisnya, Disini aku bikin lubang sebanyak 5 buah. Kalian sebisa mungkin buat lubang pada posisi yang sesimetris mungkin. Aku biasanya mulai bikin lubang dari tengah dulu. Aku lebih suka mulai dengan bikin garis tengah secara vertikal, terus  aku cari titik tengahnya dan aku tandain lagi pakai pulen. Untuk memastikan kalau titik tengah kalian udah bener, coba lipat covernya jadi 2 bagian untuk ngeliat apakah titik itu udah bener bener ada ditengah lipatan. Kalau ternyata gak pas ditengah, digeser-geser lagi aja titiknya.

Processed with VSCO with a6 preset

Selanjutnya, kalian juga bikin tanda untuk masukin tali elastis bagian atas dan bawah. Aku biasanya ngasih jarak 1 cm dari bagian bawah dan bagian atas bahan kulitnya. Sedangkan antara lubang kanan dan kiri juga berjarak 1 cm atau 0,5 cm dari garis tengah untuk masing-masing lubang di kanan dan di kiri. Ngebingungin gaksih penjelasannya? Huhu I suck at explaining things.

Processed with VSCO with a6 preset

3. Setelah kalian nandain titik untuk bikin lubangnya, kita mulai proses melubangi titik titik tersebut dengan paku dan palu. Sebenernya ada alat khusus untuk ngebolongin bahan kulit kayak gini, cuman aku lupa naro alatnya, jadi aku ganti pakai paku aja walaupun paku ku kekecilan sebenernya.

Processed with VSCO with a6 preset

Kalian ngelubanginnya jangan ragu-ragu ya, pokoknya lubangin aja yang mantep karena ukuran tali elastisnya lumayan gede, daripada susah masukinnya. Btw pas bolongin kulitnya kalau bisa dikasih alas kayu ya, biar lebih gampang ngebolonginnya. Disini aku pakai talenan karena gapunya alas kayu yang lain wkwk.

Baca juga: Sending Postcard and Snail Mail; Revisiting Old Hobbies

4. Now it’s time to put the elastic cord in. Take a long enough piece of your preferred elastic cord and divided it into two parts. Di sini aku ngebagi talinya jadi ukuran 45 cm dan  55 cm. Aku mulai masukin tali elastis sepanjang 45 cm dan aku lipat jadi 2 ke kedalam lubang yang ada di tengah buku sebagai pengunci buku. Begini kurang lebih penampakan talinya ketika udah berhasil dimasukin lewat lubang yang tengah dari sisi dalam.

Processed with VSCO with a6 preset
tampak dalam
Processed with VSCO with a6 preset
tampak luar

Setelah tali berhasil dimasukkan, jangan lupa kita tali mati sisa tali yang ada di dalam cover, biar talinya ga lepas 🙂

Processed with VSCO with a6 preset

5. Setelah tali penguci buku terpasang, selanjutnya kita pasang tali yang digunakan untuk ngikat buku dibagian dalam. Step by step pemasangan talinya kurang lebih seperti ini:

Processed with VSCO with a6 preset

Processed with VSCO with a6 preset

Processed with VSCO with a6 preset

Processed with VSCO with a6 preset

Untuk pemasangan talinya kurang lebih kayak gambar diatas ya, simple sekali bukan? Btw aku sengaja bikin 2 tali di dalamnya jadi bisa dimasukin 2 buku ke dalam 1 cover.

6. Kalau talinya udah terpasang, sekarang saatnya kita pasang insert/buku ke dalam cover leather yang udah kita bikin. Cuma tinggal diselipin aja talinya~~

Processed with VSCO with a6 preset
Cara pemasangan insert pertama ke dalam leather cover
Processed with VSCO with a6 preset
Cara pemasangan insert kedua ke dalam leather cover

Processed with VSCO with a6 preset

Yeay udah jadi deh leather notebook covernya. Btw ujung ujung covernya bisa kalian bikin melengkung atau mau tetep siku siku kayak punyaku ini. Aku sebenernya lebih suka yang ujungnya melengkung sih, cuma kemarin kelupaan belum bikin tapi udah terlanjur foto dan males foto ulang.

Processed with VSCO with a6 preset

Semoga tutorial –yang gak jelas– ini bisa bermanfaat untuk temen-temen yang pada mau bikin traveler’s notebook juga. Kalau ada yang udah pernah bikin DIY notebook jenis lain atau mungkin pakai midori yang asli, boleh loh share di kolom komen tentang kesan pesannya selama pakai Midori Traveler’s Notebook. I’d love to hear that!

Thank you! See you on the next post. ♡♡

81 thoughts on “Cara Membuat Leather Notebook Cover a la Traveler’s Notebook”

  1. Wow ini keren banget Kak Nad bisa bikin sendiri.. aku ada midori seperti ini, mini ukurannya, seukuran passport case. cuma ga ada isinya wkwkwk 😂 btw, aku pernah bikin DIY notebook pake teknik coptic stitch. so fun 😻 baru itu sih, mau nyoba yg model japanese gitu belum sempet. cobain gih kak.

    Liked by 1 person

    1. Rahmaaaa, terima masih! Kebetulan ini simple bgt bikinnya, jadi yaudah bikin sendiri aja 😅
      Waah coool. Midori memang punya various size sih yaaa, tapi yang paling iconic yang reguler sizenya.
      Wah kamu telaten bangeeet yaaa, aku barusan abis Googling bwt liat proses bikinnya. Iyaaa next time akan ku cobaaaain . Thank you loh infonya 🥰🥰

      Liked by 1 person

      1. itu pake leather asli ya..?? dijual aja Kak Nad, sekalian sama isinya.. 😆
        Haha.. itu kan bentuk jahitannya kek kepang ya Kak Nad.. kadang aku salah masukin benangnya, terus bolongan di kertasnya juga ga simetris gitu wkwk setelah dua kali nyoba baru bener.

        Liked by 1 person

        1. Enggaaa ini pake kulit sintetis kok, cuma bahan sisa bikin sandal. Aku edit sedikit tulisannya deh biar jelas pake bahan apa hehehe.
          Hooo I see. Wah keren nyoba dua kali udh bs simetris! Aku tuh liat sekilas gambarnya udah lgsg mikir “hmm ribet nih keknya”

          Liked by 1 person

        2. Ooo kulit sintetis ya.. aku juga mau nyoba ah..
          Iya emang rada ribet. Soalnya… sama aja bikin buku utuh kan kak, cover+isinya 😅 aku bisa simetris karena sebelum kertasnya aku lubangin, aku garis dulu pake pensil. terus per bendel kertasnya itu ga tebel2 kak biar pas dilubangin langsung tembus dan ga meleset.. ah seru lho menurutku 😆

          Like

      1. Kok aku baru baca balasan ini ckckckckck “terkadang aku sendiri ga paham sama omonganku sendiri.” mbak nad kocak nih 🤣🤣

        Aku tunggu cerita tentang journalinnya ya mbak nad! 😍

        Liked by 1 person

      1. Ia, Mbak. Sangat bermanfaat pasti.
        Saya juga senang journaling atau menulis ide-ide dalam bentuk tulisan di kertas, plus di kasih pernak-pernik begitu wkwkwkwk
        Ini hobby cewe banget sih hahahaha

        Liked by 1 person

        1. Oh ya kaaah? Pernah dipost di blog mbak ngga yaa soal journalnya? Takutnya pernah tp aku lupa/belum pernah baca hehee.. Pasti punya mbaa baguuuss deh 😀

          Hahah aku juga suka bgt nempel pernak pernik macam sobekan kertas/tiket masuk objek wisata, tiket nonton, atau apapun yg emg keliatan bagus soalnya aku gabisa nulis/nggambar dengan bagus, jadi pasti lebih nonjolin tempelan2 gambarnya

          Liked by 1 person

        2. Wah, ngak pernah. Journaling ini termasuk salah satu kegiatan yang aktif yang saya lakukan sebelum menulis di blog. Ide cerita, atau tulisan biasanya muncul dari coret-coretan saya di jurnal.

          Wah, saya juga ngak terlalu bisa gambar bagus. Menggunting, lalu menempel gambar bagus, nah ini salah satu kesukaan saya hahahaha. Selain tiket nonton, bungkus permen juga kadang bisa saya tempel wkwkwkw. Kalau bungkus permen itu memberi makna, akan berakhir pada jurnal bgitu hahaha. Kebiasaan aneh menurut saya, karena di lingkungan saya, tidak ada yang melakukan hal demikian.

          Liked by 1 person

        3. Coba dipost juga mbaaa, siapa tau bisa jadi inspirasi yang lain dalam journaling:3
          Eeh yaampuuun sampe bungkus permen segalaa. Gemess bgt. Jadi makin penasaran pengen ngintip isi journalnya 🥰🥰🥰

          Liked by 1 person

  2. Gegara loading, sempat kaget waktu gambar pertama cuma nampilin palu beberapa saat. Apa-apaan nih!?! Hahahaha. Keren hasilnya dan kreatif banget. Saya malah kepikiran mau jualan notebook untuk traveling… Hahaha

    Liked by 1 person

    1. HAHAHAHA agak aneh gitu ya sebelumnya posting soal kamera terus skrg posting foto ada palunya 😁
      Thank you thank you 🥰
      Jualan notebook utk traveling maksudnya kamu jual notebook trs uangnya utk traveling? Atau jual notebook kek yang aku bikin? Wkwk
      Ayoo coba bikin jugaaa 😀

      Liked by 1 person

      1. Jual notebook kayak yang dibikin tuh…Hahaha. Tapi gak tahu juga jangan sampe ini hanya pikiran sesa(a)t saja efek isolasi diri selama ini…

        Like

  3. I feel you about choosing “the right Notebook” 😂 it’s a very important decision.
    I really like your diy it turned out so nice and looks easy enough for my clumsy self hihi. Thanks for the idea! 🥰

    Liked by 1 person

    1. I know right 😁😁 back then I used to have such an unhealthy obsession of buying notebook without actually using it just because I didn’t like it once I opened it.

      Aww thank you! 🥰 Yes it’s super easy to make. I think this kind of notebook will suit you; since you’re great at taking and editic pics, so i’m sure you can decorate your notebook/journal beautifully as well.

      Liked by 1 person

  4. haha… saya juga termasuk orang yang picky kalo soal notebook, dan yang cover leather ini emang yang paling gampang bikin jatuh hati dan selalu pengin dibeli, tp kalo beli ya emang cukup pricey jg ya. dan DIY ini kyknya bisa jadi satu solusi,tapi belum percaya sama tangan-tangan ini..tangan-tangan yang ga biasa mengerjakan hal ampe rapi gitu.
    hmmm….tapi menarik nih, jadi kepikiran pengin bikin nih

    Like

    1. Banyak yang picky jg ya ternyta soal notebook. Aku kalau untuk catatan biasa, ga begitu picky sih, cuman kalau notebook utk journaling, aku bener bener seribet itu 🙃
      Iya DIY pakai bahan yang ada dirumah bisa jadi solusi. Ini jg aku pakai kulit sintetis kok, bukan kulit asli.
      Jangan pesimis dulu ahhh, cobain dulu ehhehe. Ini punyaku juga ga rapi rapi amat tapi yang penting functional dan designya sesuai harapanku.

      Like

    1. Makasiiih mbak veee. Kalo buku polos yang ukuran A5 aku biasanya beli online di Instagram/shopee. Tapi kalau yang aku pakai di notebook ini aku bikin sendiri, motong kertas sendiri, dan aku bawa ke tukang fotocopyan buat dijilid dan distapler 🥰

      Like

  5. Tolong dikasih tau ini beli bahan-bahannya dimana? Hahaha. Biar aku nggak bingung.
    Duh andai dekat, aku mau lah ke rumah nadya bikin ginian terus 😀

    Liked by 1 person

  6. Midori emang mahal buanget, Nad. Nggak masuk akal harganya. Dulu sempat wishlist tapi akhirnya juga bikin sendiri dupe-nya pakai metode basic stitching untuk kertas dalamnya. Kertasnya aku beli di toko Realitas Solo (di situ lengkap banget semua jenis kertas ada pokoknya unik2 buat bikin notebook). Leathernya aku nggak pake tapi. Hehe. Aku pake kain perca ditempel ke yelobord.

    Liked by 1 person

    1. BENEEERRR muahal bangeeet mbaaaa! Dulu aku sempet punya terus ilang di TransJogja. Makanya taun 2016 lalu akhirnya bikin sendiri karena ga mampu beli lagi wkwk. Nanti mgkn akan ku edit lagi post nya buat nambahin foto. Ini aku bikin baru cuma buat tutorial doang gara-gara ada yang minta pas aku update insta story 😁😁

      Ini aku kertasnya pake book paper beli di toko kertas apa gitu daerah Bintaran di Jogja 😀 mba Mayang super kreatif paraaaahh pake kain perca segalaaa 🥰🥰🥰

      Like

    1. Thank you Mas Gallant! 😁 Hahaha aku pun selalu bingung tiap kali punya notebook mau bwt apa karena sayang kalo dicoret2. Tapi makin kesini setelah emg pgn coret coret dan nemuin buku yang pas, akhirnyaa kepake juha

      Liked by 1 person

  7. Ini keren banget mbak nadya.
    Dulu temanku juga bikin travel book kayak gini. Masih pake kertas karton yang tebal untuk cover. Kemudian kartonnya dilapisi dengan kain etnik. Ukurannya seukuran buku tulis ukuran B5. Kertas yang digunakan didalamnya kertas buram agar menampilkan kesan vintage.

    Aku pernah pesan 1pcs untuk hadiah ulang tahun..
    Bagiku ini sangat unik dan sangat personal sebagai hadiah ultah.

    Terus berkarya mbak nadya 🙂
    Terima kasih untuk postcardnya juga 🙂

    Liked by 1 person

    1. Halo mas Rivai,

      Heheh terima kasih mas. Wah temennya kreatif sekali pakai karton & kain etnik segalaaa 😮 kereeen bgt pasti itu.
      Iyasih, jadinya personal & special 😀

      Ooh ini mas Rivai yang kemarin tak kirim postcard juga ya? Hihi sama-sama maaas 🥺😁

      Like

      1. sudah lama dia ga bikin lagi. Belum pernah pake kulit imitasi sebagai covernya.
        mungkin kapan-kapan dikompori untuk bikin lagi 😀

        iyaa, kemarin aku dapat foto baluran. foto dan postcardnya bagus.

        Like

        1. Mgkn kamu bisa coba sendiri bikin mas? Since it’s pretty simple to make! 😁

          Iyaa aku pas itu sempet liat dan ikut reply tweetmu soal postcard yg kamu mention ke Febri 😀 terima kasih mas!

          Like

  8. Dari dulu naksir sama cover buku kulit kayak gini (kayaknya sejak baca Harry Potter 3 pas mereka beli Buku Monster tentang Monster, deh) 😀 Boleh juga nih buat dicoba, Nad. Kayaknya juga nggak lama-lama banget ya bikinnya?

    Liked by 1 person

    1. Iya Mas. Ini simple bgtt bikinnya. Cuma digunting sesuai ukuran yang diinginkan terus dipasang talinya deeh~~ gapake jahit jahit ataupun tempel-tempel apapun 😁✨

      Kalau mau bikin mending cari bahan yang bagus sekalian mas 😀

      Liked by 1 person

  9. Hallo Nadya, salam kenal dari follower baru 🙂 aku juga dulu kepingin sekali untuk buat sesuatu dari faux leather, seperti passport cover. Tapi lucu juga ya kalau jadi notebook cover. Thank you for sharing!

    Liked by 1 person

    1. Halo Hanna! Thank you udah mampir ke blogku 🙂♡

      Ayo bikin, ini simple banget. Ahh iya, kebetulan Midori jg ada yang seukuran passport gitu sih. Cuman berbuhung belum punya passport jd kepikirannya bikin notebooknya aja.

      Sama-sama Hanna. I hope it’s quite useful for you.

      Like

    1. Haaii!

      Adudu makasih banget ya udah nyempetin nengok blogku tiap aku abis ngelike tulisanmu, walaupun disini blm ada updatean baru 😂

      Aku gakemana mana sih, cuman banyak hal ga terduga terjadi dihidupku in the past few months, mulai dr yang sedih sampai membahagiakan bgtttt and I needed some kind of adjustment.

      So yeah, more content hopefully will come real soon *of course after I gather enough motivation write again*

      Like

Leave a comment